Bahaya Penyakit Hepatitis dan Resiko Penularannya

Bahaya penyakit hepatitis sangat perlu untuk diketahui karena penyakit hepatitis akan sangat membahayakan kesehatan tubuh jika tidak segera ditangani. Bahaya penyakit hepatitis lebih parah dari bahaya penyakit HIV/AIDS. Penyakit hepatitis merupakan awal dari penyakit kanker hati. Hati merupakan organ vital yang berfungsi untuk mengurai sari-sari makanan dan menetralkan racun. Penyakit hepatitis dapat merusak fungsi vital hati tersebut. Hepatitis adalah penyakit peradangan hati yang disebabkan oleh virus-virus tertentu yang merusak sel-sel dan fungsi hati. Penyakit hepatitis dapat menular melalui hubungan seks dengan orang yang lebih dulu terserang penyakit hepatitis.

Bahaya Penyakit Hepatitis dan PenularannyaGejala penyakit hepatitis
Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit hepatitis juga akan menimbulkan gejala pada penderitanya. Gejala penyakit hepatitis diantaranya:

1. Warna kekuningan pada kulit
2. Timbulnya warna kecoklatan seperti teh pada urin
3. Penurunan nafsu makan yang dibarengi dengan penurunan berat badan secara drastis
4. Warna kotoran atau tinja yang berubah menjadi sedikit pucat
5. Rasa nyeri pada bagian atas perut
6. Orang yang menderita hepatitis akan mudah lelah
7. Demam

Gejala tersebut akan terjadi secara berkesinambungan dari satu gejala ke gejala lainnya. Jika Anda merasakan beberapa gejala di atas secara bersamaan sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Bahaya penyakit hepatitis
Seperti telah dijelaskan di atas bahaya penyakit hepatitis dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain yang cukup parah atau bahkan komplikasi. Bahaya itu diantaranya:

1. Infeksi
Bahaya infeksi ini berlaku bagi penderita hepatitis A. Penderita hepatitis A sebaiknya waspada karena infeksi dapat menyebabkan penyakit kambuhnya penyakit hepatitis A yang telah sembuh.

2. Penyakit gagal hati
Gagal hati dapat menyerang pada orang dengan hepatitis tipe A. Gagal hati cukup berbahaya karena dapat menyebabkan meninggalnya seseorang. Gagal hati adalah suatu keadaan dimana hati mengalami penurunan fungsi. Penurunan fungsi pada hati dapat mengakibatkan komplikasi yang akan semakin memperburuk kesehatan penderita hepatitis

3. Bahaya bagi ibu hamil
Ibu hamil yang menderita penyakit hepatitis B akan sangat membahayakan kondisi janin dan kehamilannya. Ibu hamil dengan hepatitis dapat menyebabkan pendarahan, kelahiran prematur atau bahkan keguguran. Ibu hamil enggan hepatitis B juga memiliki resiko untuk menularkan virus hepatitis kepada bayinya.

4. Resiko kanker hati
Penyakit hepatitis B dan C pada tahap kronis dapat berkembang menjadi kanker hati. Kanker hati sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian penderitanya. Untuk itu Anda perlu sangat berhati-hati terhadap penularan virus hepatitis B dan C.

5. Gangguan ginjal
Infeksi yang dialami penderita hepatitis B dapat menyebabkan gangguan ginjal. Hal yang sangat ditakutkan dari terjadinya gangguan pada ginjal adalah gagal ginjal.

Mencegah penyakit hepatitis
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah tertularnya virus hepatitis yaitu menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan setelah pergi ke toilet atau berjabat tangan dengan orang lain. Hindari melakukan hubungan seks yang tidak sehat dengan berganti-ganti pasangan. Selain menyebabkan tertular hepatisis hubungan seks yang tidak sehat juga dapat menyebabkan tertular penyakit HIV/AIDS. Anda juga perlu menghindari penggunaan alat cukur atau alat suntik secara bergatian. Saat pergi ke barbershop pastikan bahwa mereka hanya menggunakan alat cukur sekali pakai.

Selain itu penggunaan alat suntik secara bergantian biasanya dilakukan oleh orang yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba atau ketika akan memasang tattoo. Anda juga perlu memastikan obat-obatan yang Anda konsumsi adalah atas resep atau rekomendasi dokter. Selain itu perlu juga untuk selalu menjaga pola makan yang sehat dan teratur dan olahraga. Kurangi resiko tertular hepatitis dengan mengetahui bahaya penyakit hepatitis. sumber  http://gamatindonesia.com/article/44224/pengobatan-virus-hepatitis.html

Advertisements
This entry was posted in penyakit hepatitis and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s